VISITASI HALAL PRODUK SMK ISLAM OLEH UNISMA

VISITASI HALAL PRODUK SMK ISLAM OLEH UNISMA



Alhamdulillah pagi ini telah terlaksana Visitasi Halal Produk SMK Islam Kepanjen, oleh Universitas Islam Malang. 

Dengan adanya program tersebut maka SMK Islam kepanjen sangat didukung terhadap produk yang nantinya akan diproduksi secara mandiri oleh para siswa. Lewat visitasi tadi produk-produk pangan produksi SMK Islam Kepanjen dicek dengan detail mulai dari bahan dan alat yang dipakai

Dengan begitu produk-produk yang dihasilkan SMKI benar-benar teruji baik dari lembaga maupun legalitas kehalalannya


Seperti yang kalian ketahui bahwa banyak sekali makanan yang ada disekitar kita, namun belum tentu makanan tersebut halal dalam islam. Allah SWT melarang umatnya untuk memakan apapun yang haram dan memabukkan. Hal tersebut wajib di ketahui terlebih dahulu halal atau tidak sebelum dikonsumsi.

Sebelum itu kita harus mengenal terlebih dahulu mengenai makanan halal. Dalam islam makanan halal adalah barang yang diperuntukkan untuk dimakan atau diminum manusia dan serta bahan yang di kelolanya. Seperti yang disebutkan pada surah Al- Baqarah ayat 168 yang menjelaskan bahwa Allah SWT. Menyuruh manusia untuk memakan makanan yang halal secara agama dari segi hukum baik segi zatnya maupun hakikatnya. Dan Allah SWT juga mengingatkan kepada kita agar tidak megikuti langkah-langkah syaitan.

Selain itu, makanan haram di bagi mejadi 2 yaitu lizathi atau zatnya dan lighairihi atau hakikatnya.Makanan yang disebut haram mempunyai ciri-ciri yaitu: Makanan itu membahayakan, Melemahkan atau merusak akal, Mendatangkan mudharat, Memabukkan,Menjijikan,

Adapun beberapa akibat jika mengkonsumsi makanan dan minuman haram yaitu sebagai berikut: Mendapatkan murka dan azab dari Allah SWT. Baik di dunia maupun diakhirat, Tidak ada keberkahan dalam dirinya, Akan membentuk sifat-sifat syaithoniyah, suka marah,berbohong, dan berkhianat, Susah menerima ilmu kebenaran, Badan tidak sehat dan mudah terkena penyakit.

“kesimpulannya yaitu Allah SWT. Telah memerintahkan kita untuk memakan makanan yang bukan cuman halal, tapi juga baik Halalan Thayyiban agar tidak membahayakan tubuh kita.