UJIAN SATUAN PENDIDIKAN (USP) 2022

UJIAN SATUAN PENDIDIKAN (USP) 2022


Pelaksanaan USP di SMK Islam Kepanjen


        USP-BK  (Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer) yang dulunya merupakan nama lain dari USBN ( Ujian Sekolah Berstandar Nasional ) adalah hasil dari perubahan tiap tahun dari kebijakan pemerintah terkait pendidikan di Indonesia. Pada tahun ini pemerintah mewajibkan kepada semua sekolah untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Bagi teman-teman yang masih belum tau lebih jauhnya tentang apa itu USPBK, mungkin ini bisa menjadi sedikit gambaran. Jadi, USPBK mengutip dari web USPBK Dinas Pendidikan Profinsi Jawa Timur oleh satuan pendidikan adalah sistem pelaksanaan ujian sekolah yang dilaksanakan dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. USPBK ini digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan penyelesaian dari suatu satuan pendidikan menggunakan aplikasi berbasis komputer.

SMK Islam Kepanjen mulai melaksanakan USPBK pada tanggal 8 – 16 Maret 2021. Agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tentu saja pihak sekolah telah melakukan persiapan secara matang. Mulai dari mempersiapkan ruang ujian, mengkordinasi pengawas ujian serta membuat jadwal untuk kelas XII.

USPBK diikuti oleh seluruh siswa Kelas XII dengan persiapan masing-masing. Seperti mempelajari semua materi mulai dari materi Normatif, Adaptif dan Produktif. Dengan ujian berbasis komputer,tentu nilai yang akan didapat adalah nilai murni dari siswa itu sendiri.

Pelaksanaan USPBK di SMK Islam Kepanjen juga dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Sebelum masuk ruangan siswa diwajibkan memakai masker, menggunakan handsinitizer serta  menjaga jarak antar siswa diluar maupun didalam ruangan. Tidak hanya itu,siswa kelas XII saat melaksanakan ujian juga terlihat tertib dan mamatuhi protokol kesehatan yang telah dibuat.

 






Proses pelaksanaan USPBK di SMK Islam Kepanjen berjalan dengan lancar. Seluruh siswa kelas XII yang mengikuti Ujian terlihat tertib. Dengan adanya pelaksanaan USPBK di SMK Islam Kepanjen semoga seluruh siswa yang sudah mengikuti ujian mendapatkan hasil yang memuaskan dan tentunya dapat menjadikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Selamat berjuang dan semangat untuk kakak-kakak kelas XII, ketemu lagi di Ujian Selanjutnyaa..